jump to navigation

Tentuin dulu caranya yang jelas baru bikin aturan knalpot 03/01/2012

Posted by vixy182 in Uncategorized.
Tags:
trackback

Mengingat akan di berlakukan peraturan knalpot dengan kebisingan batas tertentu tergerak juga bikin postingan ..cuman yang saya ragu setelah di berlakukan apakah bisa di terapkan di lapangan nanti..ini yang menjadi pertanyaan buat saya.soal nya nggak segampang membalikan telapak tangan menentukan angka kebisingan.apalagi dendanya 250 ribu ato nginap di sel 1 bulan apabila menggunakan knalpot yang suaranya bising.. seperti yang di bilang bloger senior edo.. 🙂
sound level meter.jpg
Yup Untuk mengukur kebisingan di perlukan alat sound level meter …, saya sudah pernah menggunakan alat ini 5 tahun yang lalu sewaktu kuliah ( walaupun gak terlalu lancar kalo sekarang dah lupa caranya :mrgreen: )…dan menggunakan lagi pada saat membantu teman menyelesaikan skripsinya untuk pengukuran kebisingan truck batu bara yang lewat di pemukiman warga selama 24 jam bro. Untuk menentukan berapa desibel yang di dapat tidak mudah lo karena angka pada layar alat SLM selalu berubah tiap detik.misalkan: Pada 5menit sekali angka di tulis setelah dalam sejam ditulis…kemudian baru di hitung menggunakan rumus tertentu..sehingga di dapat hasil rata2 kebisingan tersebut.kemudian jarak antara sumber kebisingan dengan yang terpapar juga ada aturanya.pengukuran pada malam dan siang hari hasil nya akan beda..agak tinggi pada siang hari biasanya..karena di pengaruhi oleh suara aktifitas yang lainnya…,mungkin itu sedikit pengalaman alat sound level
Meter yang pernah saya gunakan.sekarang kalo di suruh gunain lagi…blaaasss ga inget lagi bro 🙂 …,
razia.jpg
Sebenarnya setuju saja di terapkan di larang menggunakan knalpot yang suaranya agak keras.., cuman yang saya ragu waktu di terapkan di lapangan nanti…,truzz yang jadi pertanyaan saya..
1.pada jarak berapa meter tu alat di gunakan misalkan mau ngukur dengan jarak knalpot?

2.pada RPM berapa tu boleh di gas motornya untuk menghitung angka desibel nya.kalo knalpot plong mesin hidup tanpa di gas,perkiraan saya ga bakaln bising banget.knalpot standart kalo di gas RPM tinggi juga bakalan melebihi nilai standart kebisingan.susah kan nentuin nya :-).

3.apakah sanggup nyediain tu alat ke seluruh kantor polkis indonesia..,tentunya makan biaya lagi..sewaktu tanya dulu di lab harga sound level meter yang saya gunain sekitar 6 juta.mungkin harganya bervariasi ,bisa juga ada yang harga 2 juta sesuai dengan maksimal tu alat berapa batas maksimal membaca kebisingan.jangan sampe di salah gunain oknum yang tidak bertanggung jawab cuma mau cari alasan dengan tujuan cari tambahan dana.tau sendirikan gimana sewaktu razia..xiixixi 🙂 .kalo pake alatnya di pinggir jaln bnyk orang lewat..di hidupin truz dekatkan ke knalpot terserah mau jarak berapa,cuma di liat angka tertera langsung..ga bakalan valid menurut saya.lebih enak ngukur top spedd dengan GPS langsung kebaca bro :-).

Benar kata2 teman bloger yang lain..seharusnya yang wajib di SNI kan terlebih dulu seperti jalan..jembatan…dsb..tau sendirikan pada ancur banyak tanpa perbaikan.
Mungkin itu saja sedikit berbagi cerita pengalaman menggunain SLM dan gambaran gimana nentuin kebisingan.kalo ada kesalahan mohon di koreksi. 🙂

Dikirim menggunakan Wordmobi

Iklan

Komentar»

1. Ari CX Rider - 03/01/2012

emang susah nentuin cara dan prakteknya nanti.
Dan harusnya diadakan penelitian lebih rinci sebelum uu bner2 d berlakukan

http://areeya2.wordpress.com/2012/03/01/modifikasi-supra-x-125-helm-in/

vixy182 - 03/01/2012

UU blm keluar.. Dendanya udah di tentuin.. 🙂

2. Bonsai Biker - 03/01/2012

ya gan ngambang aturannya

vixy182 - 03/01/2012

kalo masalh uang cepet gan 🙂

3. enth - 03/01/2012

opo sih enaknya pake knalpot bising ? nggak dilarang pun saya ogah make. mending sunyi senyap, kayak knalpot new cbr. nngak denger suaranya tiba-tiba…….wus

vixy182 - 03/01/2012

spendapat bro.suka yg masih standart aja :-).. Biar gak di omelin lewat gang kecil :mrgreen:

4. Novian Agung - 03/01/2012

@enth, betul. Heran saya juga, apa enaknya? 😀
Yang ada malah jadi cibiran orang. Nggak kasihan apa kalau ternyata di jalan yang lagi dilewati ada orang sakit? Kayak yg nggak pernah sakit saja.

vixy182 - 03/01/2012

teman saya dulu pernah di keluarin pke golok bro gara2 pke knalpot ga standart..jam 12 lewat gang kecil..ga tau nya ibu tu org kebangun lagi sakit..pantes aja marah..

5. kharis27 - 03/01/2012

knalpot standart aja dah..knalpot racing suaranya rusuh apa lg ada yang mpe bisa nonjok haduh ga dah.,.,,.

vixy182 - 03/01/2012

di depan rumah sering tak lempar api rokok bro para alay pke knalpot cempreng sambil blayer mlm2.kalo sante jalan nya sih ngga.. Soalx sering keganggu tidur..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: