jump to navigation

Penjual bensin kejujuran yg patut di contoh sifatnya 03/08/2012

Posted by vixy182 in Uncategorized.
Tags:
trackback

Tadi siang habis lihat berita di salah satu tv swasta tentang seorang penjual bensin yang menerapkan kejujuran.trus cari2 informasi di mbah gugel copas dapatnya di sini .saya terharu dengan kegigihan beliau dalam melatih kejujuran pada orang lain. kejujuran.jpg
Kejujuran!!! Emang sulit bro ngelatih sifat yang jujur dalam diri seseorang…,berbeda dengan bapak abdul mukti muraharjo (53) tidak tahu menahu tentang program pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Ia hanya bermaksud membantu masyarakat yang kehabisan bensin pada malam hari, sehingga membuka kios bensin kejujuran. Hanya saja balasan yang diterima justru banyak yang mengemplang, malah ada yang tega membayar dengan uang palsu.
Semenjak kios bensin kejujuran berdiri empat bulan silam, justru kerugian besar yang dialami. Tercatat kiosnya kehilangan 84 liter bensin yang tidak dibayar oleh pembeli. Selain itu delapan botol serta dua corong hilang diambil orang.
Selain itu, tidak semua pembeli membayar sesuai harga. Ada yang kurang dan bahkan membayar dengan uang palsu . Ada juga pembeli berpakaian seragam pegawai negeri sipil (PNS) mengambil bensin dengan cara utang sampai sekarang belum dibayar. “Sebagai PNS mestinya punya penghasilan tetap, tapi kok teganya membeli bensin Rp 5.000 saja sampai sekarang belum dibayar,” tutur Abdul Mukti.
pom-jujur--d_2.jpg
Kios bensin kejujuran milik Abdul Mukti menyediakan bensin botolan yang ditata berderet di sebelah toko tendanya. Sang pemilik membiarkan pembeli mengambil sendiri bensin dan diharapkan membayar dengan uang pas dengan cara memasukkan uang ke toples plastik yang telah disediakan. Kios bensin kejujuran itu juga dipasang poster yang berisi panduan tata cara membeli. Di antaranya, pembeli diminta mengambil sendiri, kemudian membayar dengan memasukkan uang pas ke dalam toples. Pada poster juga ditulisi “Tuhan telah mengawasi kita” serta ucapan terima kasih atas kejujuran dan kedatangan pembeli. Tujuan mulia Abdul Mukti membuka kios bensin kejujuran adalah untuk melayani masyarakat yang kehabisan bensin pada malam hari. “Saya kasihan tengah malam sering menjumpai orang yang menuntun sepeda motor karena kehabisan bensin,” ungkapnya. Atas dasar itulah Abdul Mukti kemudian membuka kios bensin yang buka selama 24 jam penuh di seberang rumahnya. Namun karena tidak setiap saat dapat menunggu kiosnya, sang pemilik membiarkan pembeli mengambil dan membayar sendiri. Sehari-hari Abdul Mukti adalah penarik becak yang mangkal di depan rumahnya. Ia juga berjualan tanaman hias dan buah-buahan dalam pot serta menjual binatang hobi seperti hamster, ayam kate, marmut, ikan hias serta kelinci di depan rumahnya. Usaha jualannya tidak setiap hari laku. Meski lebih sering dirugikan dengan ulah para pembeli, Abdul Mukti mengaku tidak akan menutup kios bensinnya. Karena tujuannya untuk membantu masyarakat yang kehabisan bensin, dia akan tetap membuka kios itu. “Memang banyak teman-teman saya yang bilang saya stres dan berbuat konyol. Tapi karena tujuan saya membantu, saya ikhlas saja,” ungkap bapak tiga putera itu. Terhadap pembeli yang ngemplang, Abdul Mukti hanya berucap pembeli yang tidak membayar itu tidak takut dengan dosa hanya karena uang Rp 5.000. “Saya ikhlaskan saja, tapi yang tidak membayar nanti akan berurusan dengan Allah,” tambahnya. Abdul Mukti mengaku mendapat pelajaran dan petuah untuk berbuat ikhlas setelah menjadi mualaf tahun 1991 silam. Saat itu salah seorang kiai Ponpes Lirboyo mengajarkan untuk berbuat ikhlas dan membantu sesama. Ia mengaku tidak latah mendirikan kios bensin kejujuran karena maraknya kantin kejujuran yang didirikan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Seperti diketahui kantin kejujuran terbentuk sejak tahun 2007. Kantin kejujuran berawal dari kesepakatan Kejaksaan Agung RI dengan Karang Taruna Nasional. Tujuannya untuk menumbuhkan kejujuran melalui pendidikan yang merupakan strategi dasar penanggulangan korupsi. Setidaknya telah berdiri 6.705 kantin kejujuran di seluruh Indonesia, namun 167 di antaranya kemudian bangkrut. Menurut Kejaksaan Agung, ratusan kantin itu bangkrut karena salah satunya pembeli mengambil uang kembalian melebihi dari yang seharusnya. Sejumlah warga yang ditemui Surya mengaku sangat terbantu dengan keberadaan kios bensin kejujuran yang dibuka Abdul Mukti. Seperti dikemukakan Warsito (44), warga Mojoroto yang mengaku pernah membeli bensin di kios bensin kejujuran. Saat itu tengah malam sepeda motornya tiba-tiba mogok karena kehabisan bensin. Beruntung ada warga yang memberitahu kalau ada kios bensin milik Abdul Mukti. Semula Warsito mengaku sempat ragu untuk mengisi bensin karena pemiliknya tidak ada di tempat. Tapi karena di kios itu ada panduan tata cara mengisi bensin kejujuran dia akhirnya memberanikan diri. “Setelah ambil bensin, saya membayar Rp 5.000 dengan memasukkan ke toples plastik,” tuturnya. Warsito memberi acungan jempol kepada Abdul Mukti yang berani membuka kios bensin kejujuran. Selain melatih masyarakat untuk berbuat jujur, juga berani menanggung risiko rugi karena dipastikan banyak yang mengemplang. “Mudah- mudahan kios itu melatih kejujuran masyarakat,” harapnya.
Alangkah mulyanya hati para pemimpin2 kita apabila berhati seperti bapa tersebut bro hanya seorang rakyat kecil…., seharusnya malu para koruptor tu :evil:.. Hanya omdo di depan rakyat.kejujuran nya nol besar.

Percaya atau tidak, dari hasil usahanya ini Mukti mampu menyekolahkan tiga anaknya. Anaknya yang sulung baru saja lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan. Putranya kedua duduk di bangku kelas dua Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional SMAN 2 Kediri, dan terakhir kelas dua SMP Muhammadiyah. “Kejujuran-lah yang membiayai sekolah mereka, bukan kios bensin atau warung,” katanya.

Sudah jujur kah anda????? :mrgreen:

Dikirim menggunakan Wordmobi

Iklan

Komentar»

1. anharvictor - 03/08/2012

Pertamax

vixy182 - 03/08/2012

jual premium..bukan pertamax…xixix :mrgreen:

anharvictor - 03/08/2012

Takaran pas… Dan sesuai…
Butuh jujur tingkat tinggi…

2. Aa Ikhwan - 03/08/2012

setelah kantin kejujuran, “pom” kejujuran,..orang2nya yg masih belajar jujur 😀

vixy182 - 03/08/2012

wkwk..sekarang kebalik yo.. Org yng membelix yg gak ju2r….

3. Ari CX Rider - 03/08/2012
vixy182 - 03/08/2012

kejuran gak bisa di beli…. Tapi kalo kepepet/khilaf waniii piiirroo ??? Gkgkgk :mrgreen:

4. setia1heri - 03/08/2012
vixy182 - 03/08/2012

aminn bro…

5. Gianluigi mario - 03/08/2012

mantab nih.. ujian kejujuran.. 🙂

vixy182 - 03/08/2012

iya bro…namun 1 berbanding berapakah org yg ju2r sekrg 🙂 …..

Gianluigi mario - 03/08/2012

1000?

6. ashley - 03/08/2012

bro ini daerah mana sih…..saya baca2 …apa terlewat yah…kalo ada tambahin foto2nya bro…..

vixy182 - 03/08/2012

di kota kediri bro….

7. Ach Zacky M - 03/08/2012

“Kejujuran-lah yang membiayai sekolah mereka, bukan kios bensin atau warung,” katanya.
====================================================
like dies…karena ikhlas dan jujur di balas dg rizki yang lebih

vixy182 - 03/08/2012

iya bro…kata2 akhirnya menyentuh banget 🙂

8. ya2kzzz - 03/08/2012

dahsyat nih pom..

vixy182 - 03/08/2012

pom yg gede aja kalah… 🙂

9. bimo96 - 03/08/2012

semoga allah memberikan rezeki selalu buat pak mukti

vixy182 - 03/08/2012

aminn…

10. Gogo - 03/08/2012

salut dah.. pengorbanan akan dibalas dengan anugerah..

vixy182 - 03/08/2012

menabung amal pahala yang banyak 🙂

11. frkun - 03/08/2012

timurnya sekolah ane nih POM, hhe..
salut sama pak Mukti.. ane juga pernah beli bensin disini, cuma sekali sih.. soalnya pas keabisan jg :mrgreen:

vixy182 - 03/08/2012

wow dah pernah mampir ya…. tapi bayar kan..xixiix 🙂 … Bener bro pa mukti emang top dlm memperjuangkan melatih kejujuran patut di contoh …salut dah…

frkun - 03/09/2012

bayarlah, masbro :mrgreen:

12. riri - 03/09/2012

Tuh kan bener…. bensin segitu aja di korup…. tuh orang2 yang gak bayar/kurang emang nggak bisa dpercaya…dah dibantu malah mengkhianati….. Pak Mukti….hebat…semoga menjadi amalan sholehnya dan ke depan jangan rugi lagi….amin

vixy182 - 03/09/2012

mungkin org yg korup tu ngerasa ga ada tuhan… Buktix mumpung ga ada liat ngelakuin perbuatan ky gitu..ga tau kalo di atas ngelihat.

13. gaplek mania - 03/10/2012

jujur ..
hanya satu kata yang sangat mudah diucapkan..namun banyak yg susah melakukan

*di kantin tempat saya kerja ada juga.tapi berupa makanan kecil.memang sih ada yg curang tapi sangat sedikit

vixy182 - 03/10/2012

yup…salh satu sifat yang sulit di terapkan…

14. Dr.Feelgood - 03/10/2012

orang yang berbuat tidak baik sama si bapak ini, adalah orang yang tidak punya hati nurani dan tidak tahu malu sama sekali….

salut buat si bapa penjual bensin ini, masih tetap sabar menjalani usahanya…..

vixy182 - 03/10/2012

sudah di kasih kemudahan…malah nyusahin.. 🙂

15. kharis27 - 03/10/2012

asyik 24 jam menuju surga heheh

vixy182 - 03/10/2012

sudah di kasih jln menuju surga…malah ngambil ke neraka.. 🙂

16. harisupriono - 03/11/2012

patut ditiru perjuangan beliau……terutama pemerintah dan para Wakil Rakyat…..

vixy182 - 03/11/2012

syg nya kebnyakn hati para wkil rkyt pada buta….

17. ojo - 07/02/2012

wah kudu jadi presiden nih sifatnya….+ wakil rakyat

4nd1st - 02/14/2013

@ojo.betul itu bagus lagi jadi mentri perekonomian dan keuangan.subhanallah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: